Chapter 1 –
OOP Concep
Halaman : 30
(“Hallo”)
Semarang.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package View;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class NewClass {
public static void
main (String [] args){
System.out.println("Hallo
Semarang");
}
}
run:
Hallo
Semarang
BUILD SUCCESSFUL (total time: 0 seconds)
Halaman 44
(“Attribut
Sepeda”)
AtributSepeda.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Kendaraan;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class AtributSepeda {
// Attribut
String Sadel,
setir, rantai, rangka, pedal, roda, gir, pelg, frame;
// Behavior
void maju
(){
System.out.println("Sepeda
Maju Lurus Ke Depan");
}
void ubahGir
() {
System.out.println("Perpindahan
Gigi Sepeda");
}
void
cepat (){
System.out.println("Sepeda
Melaju Semakin Cepat");
}
void
diam (){
System.out.println("Kecepatan
Sepeda Di Kurangi");
}
}
Attribut.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Kendaraan;
/**
*
* @author Nuryanti
*/
public class Attribut {
String Stang;
String Ban;
String Rem;
}
Behavior.java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Kendaraan;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class Behavior {
public static
void main(String[] args){
Attribut sepeda= new Attribut();
sepeda.Ban="untuk
jalan";
sepeda.Rem="untuk
menghentikan sepeda";
sepeda.Stang="untuk
belok";
System.out.println("ban:"+
sepeda.Ban);
System.out.println("rem:"+sepeda.Rem);
System.out.println("stang:"+sepeda.Stang);
}
}
run:
ban:untuk
jalan
rem:untuk
menghentikan sepeda
stang:untuk
belok
BUILD SUCCESSFUL (total time: 2 seconds)
Halaman 50
(“Mobil
dan MobilBeraksi”)
Mobil.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Kendaraan;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class Mobil {
String warna;
int tahunProduksi;
}
MobilBeraksi.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Kendaraan;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class MobilBeraksi {
public static
void main(String[] args){
// Membuat object
Mobil mobilku=new Mobil();
/*memanggil atribut dan memberi nilai*/
mobilku.warna="Hitam";
mobilku.tahunProduksi=2006;
System.out.println("warna:"+mobilku.warna);
System.out.println("tahun:"+mobilku.tahunProduksi);
}
}
Halaman 63
(“Mobil2
dan Mobil2Beraksi”)
Mobil2.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Kendaraan;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class Mobil2 {
String warna;
int tahunProduksi;
void
printMobil(){
System.out.println("Warna:"+warna);
System.out.println("Tahun:"+tahunProduksi);
}
}
Mobil2Beraksi.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Kendaraan;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class Mobil2Beraksi {
public static
void main(String[] args){
// membuat object
Mobil2 mobilku = new Mobil2();
// memanggil atribut dan memanggil
nilai
mobilku.warna="Merah";
mobilku.tahunProduksi
= 2006;
mobilku.printMobil();
}
}
Halaman 65
(“Handphone dan HandphoneBeraksi”)
Handphone.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Handphone;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class Handphone {
String hidupkan;
String lalukanPanggilan;
String kirimSMS;
String matikan;
void
printHandphone(){
System.out.println("Hidupkan:"+hidupkan);
System.out.println("Lakukan
Panggilan:"+lalukanPanggilan);
System.out.println("Kirim
SMS:"+kirimSMS);
System.out.println("Matikan:"+matikan);
}
}
HandphoneBeraksi.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Handphone;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class HandphoneBeraksi {
public static void main
(String[] args){
// mmembuat object
Handphone handphoneku = new Handphone();
// memanggil atribut dan memanggil
nilai
handphoneku.hidupkan="Handphone
hidup .....";
handphoneku.lalukanPanggilan="Kring
kring kring .... panggilan di lakukan";
handphoneku.kirimSMS="Dung dung
.... SMS berhasil terkirim";
handphoneku.matikan="Handphone
mati";
handphoneku.printHandphone();
}
}
run:
Hidupkan:Handphone
hidup .....
Lakukan
Panggilan:Kring kring kring .... panggilan di lakukan
Kirim
SMS:Dung dung .... SMS berhasil terkirim
Matikan:Handphone
mati
BUILD SUCCESSFUL (total time: 1 second)
Halaman 71
(“Sepeda dan SepedaBeraksi”)
Sepeda.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Kendaraan;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class Sepeda {
int kecepatan, gir;
// method dengan parameter
void
ubahGir(int pertambahanGir){
gir=gir+pertambahanGir;
System.out.println("Gir:"+gir);
}
void
tambahKecepatan(int pertambahanKecepatan){
kecepatan=kecepatan+pertambahanKecepatan;
System.out.println("kecepatan:"+kecepatan);
}
}
SepedaBeraksi.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Kendaraan;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class SepedaBeraksi {
public static void
main(String[] args){
// membuat object
Sepeda sepedaku= new Sepeda();
// memanggil atribut dan memberi nilai
sepedaku.kecepatan=10;
sepedaku.gir=2;
// memanggil method dan menunjuk nilai
parameter
sepedaku.tambahKecepatan(30);
sepedaku.ubahGir(3);
}
}
run:
kecepatan:40
Gir:5
BUILD SUCCESSFUL (total time: 0 seconds)
Halaman 74
(“Matematika dan MatematikaBeraksi”)
Matematika.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Matematika;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class Matematika {
int Pertambahan,Pengurangan,Perkalian,Pembagian;
// method pertambahan
void
Tambahan (int a,int
b){
Pertambahan=a+b;
System.out.println("Pertambahan:"+a+"+"+b+"="+Pertambahan);
}
// method pengurangan
void
Kurang (int a,int
b){
Pengurangan=a-b;
System.out.println("Pengurangan:"+a+"-"+b+"="+Pengurangan);
}
// method perkalian
void Kali(int a,int b){
Perkalian=a*b;
System.out.println("Perkalian:"+a+"x"+b+"="+Perkalian);
}
// method pembagian
void Bagi (int a,int b){
Pembagian=a/b;
System.out.println("Pembagian:"+a+"/"+b+"="+Pembagian);
}
}
MatematikaBeraksi.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Matematika;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class MatematikaBeraksi {
public static void main (String[]
args){
// membuat object
Matematika matematikaku= new Matematika();
matematikaku.Tambahan(20,20);
matematikaku.Kurang(10, 5);
matematikaku.Kali(10, 20);
matematikaku.Bagi(21,2);
}
}
run:
Pertambahan:20+20=40
Pengurangan:10-5=5
Perkalian:10x20=200
Pembagian:21/2=10
BUILD SUCCESSFUL (total time: 0 seconds)
Halaman 78
(“Mobiil
dab MobiilKonstruktor”)
Mobiil.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Kendaraan;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class Mobiil {
String warna;
int tahunProduksi;
public
Mobiil(String warna, int tahunProduksi){
this.warna=warna;
this.tahunProduksi=tahunProduksi;
}
public void info(){
System.out.println("Warna:"+
this.warna);
System.out.println("Tahun
Produksi:"+this.tahunProduksi);
}
}
MobilKonstruktor.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Kendaraan;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class MobiilKonstruktor {
public static
void main (String[] args){
Mobiil mobilku = new Mobiil("Merah",2003);
mobilku.info();
}
}
run:
Warna:Merah
Tahun
Produksi:2003
BUILD SUCCESSFUL (total time: 1 second)
Halaman 81
(“Buku
dan BukuBeraksi”)
Buku.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Buku;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class Buku {
String judul,
penerbit,pengarang;
int tahun;
public Buku(String
judul, String penerbit, String pengarang, int tahun) {
this.judul = judul;
this.penerbit = penerbit;
this.pengarang
= pengarang;
this.tahun = tahun;
}
public void cetakbuku(){
System.out.println("Judul
Buku = "+this.judul);
System.out.println("Penerbit
= "+this.penerbit);
System.out.println("Pengarang
= "+this.pengarang);
System.out.println("Tahun
= "+this.tahun);
}
}
BukuBeraksi.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Buku;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class BukuBeraksi {
public static void
main(String[] yanti){
Buku b1 =
new Buku("Teach Yourself Java 6 in 21 Days", "Sams Publishing",
"Rogers Cadenhead & Laura Lemay", 2007);
b1.cetakbuku();
Buku b2 =
new Buku("Java How To Program 7th Edition", "Prentice Hall",
"Deitel & Deitel", 2007);
b2.cetakbuku();
}
}
run:
Judul
Buku = Teach Yourself Java 6 in 21 Days
Penerbit
= Sams Publishing
Pengarang
= Rogers Cadenhead & Laura Lemay
Tahun
= 2007
Judul
Buku = Java How To Program 7th Edition
Penerbit
= Prentice Hall
Pengarang
= Deitel & Deitel
Tahun
= 2007
BUILD SUCCESSFUL (total time: 0 seconds)
Halaman
91
(“SepedaGunung dan SepedaGunungBeraksi”)
SepedaGunung.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Kendaraan;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class SepedaGunung extends
Sepeda{
public void
setSadel(int nilaiSadel){
System.out.println("TinggiSadel:"+nilaiSadel);
}
}
SepedaGunungBeraksi.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Kendaraan;
/**
*
* @author Cahendi
*/
class SepedaGunungBeraksi {
public static
void main (String[] args){
// Membuat object
SepedaGunung spd = new SepedaGunung();
// Memanggil method di object
spd.tambahKecepatan(10);
spd.ubahGir(2);
spd.setSadel(20);
}
}
Halaman 93
(“MatematikaCanggih dan MatematikaCanggihBeraksi”)
Matematika2.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Matematika;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class Matematika2 {
int a;
int b;
int hasil;
// method
void
pertambahan (int a,int
b){
hasil=a+b;
System.out.println("Hasil
Pertambahan:"+hasil);
}
void
pengurangan (int a,int
b){
hasil=a-b;
System.out.println("Hasil
Pengurangan:"+hasil);
}
void
perkalian (int a,int b){
hasil=a*b;
System.out.println("Hasil
Perkalian:"+hasil);
}
void
pembagian (int a,int
b){
hasil=a/b;
System.out.println("Hasil
Perkalian:"+hasil);
}
}
Matematika2Canggih.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Matematika;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class Matematika2Canggih extends Matematika2{
// method
public void
mudulus (int a,int
b){
hasil=a%b;
System.out.println("Modulus:"+hasil);
}
}
Matematika2CanggihBeraksi.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Matematika;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class Matematika2CanggihBeraksi {
public static
void main (String[] args){
Matematika2Canggih hitung = new Matematika2Canggih();
hitung.pertambahan(20,5);
hitung.perkalian(10, 17);
hitung.mudulus(10, 15);
}
}
run:
Hasil
Pertambahan:25
Hasil
Perkalian:170
Modulus:10
BUILD SUCCESSFUL (total time: 1 second)
Halaman 100
(“Matematika Di Kembangkan”)
Matematika.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package
MTK;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class Matematika {
// attribut atau variabel
int tambah,kurang,kali,bagi;
// method Pertambahan
void Pertambahan (int a, int b){
tambah=a+b;
System.out.println("Pertambahan:"+a+"+"+b+"="+tambah);
}
// method Pertambahan Operloading
void Pertambahan(double a, double b,double c){
double tambah=a+b+c;
System.out.println("Pertambahan:
"+a+"+"+b+"+"+c+"="+tambah);
}
// method Pengurangan
void
Pengurangan(int a, int
b){
kurang=a-b;
System.out.println("Pengurangan:
"+a+"-"+b+"="+kurang);
}
// method Pengurangan Operloading
void Pengurangan(double a, double b,double c){
double kurang=a-b-c;
System.out.println("Pengurangan:
"+a+"-"+b+"-"+c+"="+kurang);
}
// method Perkalian
void Perkalian(int a, int b){
kali=a*b;
System.out.println("Perkalian:
"+a+"*"+b+"="+kali);
}
// method Perkalian operloading
void Perkalian(double a, double
b, double c){
double kali=a*b*c;
System.out.println("Perkalian:
"+a+"*"+b+"*"+c+"="+kali);
}
// method Pembagian
void Pembagian(int a, int b){
bagi=a/b;
System.out.println("Pembagian:
"+a+"/"+b+"="+bagi);
}
// method Pembagian operloading
void Pembagian(double a,double b,double c){
double bagi=a/b/c;
System.out.println("Pembagian:
"+a+"/"+b+"/"+c+"="+bagi);
}
}
MatematikaBeraksi.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package
MTK;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class
MatematikaBeraksi {
public static void
main (String[] args){
// membuat object
Matematika Aksimatematika = new Matematika();
// memanggil method dan memberi nilai parameter
Aksimatematika.Pertambahan(20, 20);
Aksimatematika.Pengurangan(10,5);
Aksimatematika.Perkalian(10, 20);
Aksimatematika.Pembagian(20, 2);
Aksimatematika.Pertambahan(12.5, 28.7, 14.2);
Aksimatematika.Pengurangan(12.5, 28.7, 14.2);
Aksimatematika.Perkalian(12.5, 28.7, 14.2);
Aksimatematika.Pembagian(12.5, 28.7, 14.2);
}
}
run:
Pertambahan:20+20=40
Pengurangan: 10-5=5
Perkalian: 10*20=200
Pembagian: 20/2=10
Pertambahan: 12.5+28.7+14.2=55.400000000000006
Pengurangan: 12.5-28.7-14.2=-30.4
Perkalian: 12.5*28.7*14.2=5094.25
Pembagian:
12.5/28.7/14.2=0.03067183589340924
BUILD SUCCESSFUL (total
time: 0 seconds)
Halaman 103
(“AC”)
AC.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package AC;
import AC.InterfaceAC;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class AC implements InterfaceAC{
int
statusAC;
public void
matikan(){
if(this.statusAC==KeadaanMati){
this.statusAC=KeadaanHidup;
System.out.println("Matikan
AC! --> AC Mati");
}else{
System.out.println("Matikan
AC! --> AC Sudah Mati Kok");}
}
public void
hidupkan(){
if(this.statusAC
== KeadaanHidup){
this.statusAC = KeadaanMati;
System.out.println("Hidupkan
AC! --> AC Hidup");
}else{
System.out.println("Hidupkan
AC! --> AC Sudah Mati Kok");
}
}
@Override
public void
dinginkan(){
if(this.statusAC ==
KeadaanDingin){
this.statusAC = KeadaanPanas;
System.out.println("Dinginkan
AC! --> AC Dingin");
}else{
System.out.println("Dinginkan
AC! --> AC Sudah Dingin Kok");
}
}
public void
panaskan(){
if(this.statusAC
== KeadaanDingin){
this.statusAC =
KeadaanPanas;
System.out.println("Panaskan
AC! --> AC Panas");
}else{
System.out.println("Panaskan
AC! --> AC Sudah Panas Kok");
}
}
}
ACBeraksi.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package AC;
import AC.AC;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class ACBeraksi {
public static void
main(String[] args){
AC ACKamar = new AC();
System.out.println("Status AC
Saat Ini: Mati");
ACKamar.matikan();//Matikan AC
ACKamar.hidupkan();// Hidupkan AC
ACKamar.dinginkan();// Dinginkan AC
ACKamar.panaskan();//Panaskan AC
}
}
InterfaceAC.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package AC;
/**
*
* @author Cahendi
*/
interface InterfaceAC {
public static final
int
KeadaanMati=1;
public static final
int
KeadaanHidup=0;
public static final
int
KeadaanDingin=1;
public static final
int
KeadaanPanas=1;
public abstract void hidupkan();
public abstract void matikan
();
public abstract void dinginkan
();
public abstract void panaskan
();
}
run:
Status
AC Saat Ini: Mati
Matikan
AC! --> AC Sudah Mati Kok
Hidupkan
AC! --> AC Hidup
Dinginkan
AC! --> AC Dingin
Panaskan
AC! --> AC Panas
BUILD SUCCESSFUL (total time: 0 seconds)
Halaman 115
(“KelasKu”)
Budi.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Kelasku;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class Budi {
public void info(){
System.out.println("Kelas Budi");
}
}
Joko.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Kelasku;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class Joko {
public void info(){
System.out.println("Kelas Joko");
}
}
PaketBeraksi.Java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
package Kelasku;
/**
*
* @author Cahendi
*/
public class PaketBeraksi {
public static void main(String[]
args){
Budi objectBudi = new Budi();
objectBudi.info();
Joko objectJoko = new Joko();
objectJoko.info();
}
}
run:
Kelas Budi
Kelas Joko
BUILD SUCCESSFUL (total time: 1 second)
0 komentar:
Post a Comment