Sebutkan
tipe-tipe kesalahan yang sering terjadi pada saat berinteraksi dengan komputer?
Jawab :
Jawab :
-
Kesalahan Persepsi
-
Kesalahan Kognitif
-
Kesalahan Motor ( Gerak )
Bagaimana
cara pencegahan terjadinya kesalahan tersebut di atas ?
Jawab :
Jawab :
-
Menghapus mode-mode atau menyediakan petunjuk
yang terlihat untuk mde-mode tersebut.
-
Gunakan teknik koding yang baik ( warna, gaya ).
-
Memaksimalkan pengenalan, mengurangi hafalan.
-
Mengurangi kebutuhan untuk mengetik.
-
Merancang urutan gerak atau atau perintah yang
tidak sama.
-
Uji dan memantau kesalahan-kesalahan dan
memperbaikinya.
-
Memungkinkan pertimbangan ulang aksi-aksi yang
di lakukan oleh user, misalnya memindahkan file dari recycle bin.
Jelaskan
tentang ruang lingkup ergonomi dalam interaksi manusia dan komputer?
Jawab :
Jawab :
Merupakan
bidang ilmu yang menitikberatkan pada karakteristik fisik mesin dan sistem
serta bagaimana hal tersebut mempengaruhi kinerja user. Sehingga muncul istilah
Man Machine Interface ( MMI ).
Apa
yang mempengaruhi kinerja manusia sehubungan dengan lingkungan fisik/ergonomik
tempat kerja mereka?
Jawab :
Jawab :
-
Keamanan
-
Efisiensi
-
Ruangan pengguna
-
Ruang kerja
-
Pencahayaan
-
Kegaduan
-
Polusi
Bagaimana
menurut Anda perancangan tata letak menu yang baik?
Jawab :
Jawab :
-
Mudah di gunakan oleh user
-
Sederhana
-
Menggunakan warna yang menarik
Apa
perbedaan antara antar muka berbasis bahasa pemograman dengan antar muka
berbasis bahasa alami?
Jawab : Eh, belum di jawab hehehehe :)
Jawab : Eh, belum di jawab hehehehe :)
Sebutkan
keuntungan dan kerugian dari antar muka berbasis bahasa alami?
Jawab :
Jawab :
Keuntungan :
-
Tidak memerlukan sintaksis
-
Luwes dan power full
-
Alamiah
-
Merupakan inisiatif campuran
Kerugian :
-
Mempunyai dualisme
-
Tidak presis
-
Bertele-tele
-
Perancangan perangkat lunak yang rumit
-
Tidak efisien
Mengapa
evaluasi perlu di lakukan untuk interaksi manusia dan komputer?
Jawab :
Jawab :
-
Desainer tidak dapat berasumsi bahwa orang lain
seperti dirinya, dan mengikuti design guidelines menjamin bahwa karya nya pasti
bagus.
-
Evaluasi di butuhkan untuk memeriksa apakah user
dapat menggunakan produk tersebut dan menyukainya.
-
Evaluasi kepuasan pengguna terhadap sebuah
produk dapat di lakukan menggunakan kuesioner dan interview.
Bagaimana
menurut Anda tentang paradigma evaluasi, dan manakah yang paling baik sebagai
bahan evaluasi IMK?
Jawab : Menurut Anda :)
Jawab : Menurut Anda :)
Jelaskan
bagaimana agar terciptanya kualitas perancangan antar muka berbasis pengisian
borang?
Jawab :
Kualitas antarmuka berbasis pengisian borang tergantung dari 3 aspek :
Kualitas antarmuka berbasis pengisian borang tergantung dari 3 aspek :
-
Tampilan pada layar mencerminkan struktur dan
masukan yang di perlukan.
-
Kejelasan perancangan dan penyaian secara
visual.
-
Derajat kebenaran dan kehandalan penerimaan data
masukkan oleh program, lewat berbagai fasilitas masukkan yang ada pada borang.
0 komentar:
Post a Comment