1. Jelaskan pengertian ERP?
sistem informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap.
2. Sebutkan dan jelaskan modul-modul yang ada di ERP?
a. Modul operasi : modul ini mencakup tentang proses pendistribusian yang efesien, perencanaan, pengadaan, pembelian hingga penyimpanan barang.
General Logistik : proses pendistribusian yang efesien dan penyimpanan barang dari titik asal ke konsumen.
Sales dan Distribution : ujung tombak dari sebuah perusahaan. Karena sales mencari pasar.
Material Management : mengoptimasi semua proses yang terkait dengan perencanaan, pengadaan, pembelian hingga penyimpanan.
b. Financial Accounting Module : Modul ini mengukur kinerja keuangan perusahaan, berdasarkan data transaksi internal maupun eksternal.
General Accounting
CO-Controlling
Invesment Management
Enterprise Controlling
Treasury
c. Human Resources Module: Merupakan perluasan dari ERP module. HR modul memetakan secara tegas tentang managerial sumber daya manusia dan juga meletakkan tenaga kerja itu sebagai asset atau capital.
3. Sebutkan contoh-contoh software ERP yang dapat digunakan?
SAP AG
Oracle
JD Edwards
PeopleSoft
Microsoft Business Solution
IFS (Industrial and Financial System)
QAD MFG / Pro
Compiere ERP & CRM
Adempiere
Openbravo
4. Jelaskan permasalahan yang sering dihadapi pada proses implementasi ERP?
Strategi operasi tidak sejalan dengan business process design dan pengembangannya
Waktu dan biaya implementasi yang melebihi anggaran
Karyawan tidak siap untuk menerima dan beroperasi dengan sistem yang baru
Persiapan implementation tidak dilakukan dengan baik
Berkurangnya fleksibilitas sistem setelah menerapkan ERP
5. Jelaskan maksud dari integrasi pada sistem ERP?
Adalah menggabungkan berbagai kebutuhan pada satu software dalam satu logical database, sehingga memudahkan semua departemen berbagi informasi dan berkomunikasi.
6. Sebutkan kelebihan-kelebihannya dari penerapan sistem ERP dalam organisasi?
Rancangan perekayasaan
Integrasi antara area fungsional yang berbeda untuk meyakinkan komunikasi, produltifitas, dan efesiensi yang tepat.
Pelacakan pemesanan dari penerimaan
Mengatur saling ketergantungan dari proses penagihan material yang kompleks
7. Jelaskan proses bisnis manufaktur make to order make to stok?
Make to order : proses bisnis manufaktur yang beroperasi berdasarkan pesanan.
Make to stock : proses bisnis manufaktur yang cenderung untuk memproduksi produk-produk dalam jumlah besar dan variansi yang sedikit.
8. Sebutkan yang termasuk faktor kesuksesan pada ERP yang termasuk manajemen/organisasi?
Adanya dukungan dari manajemen eksekutif
Keterlibatan end user
Penggunaan kebutuhan perusahaan yang jelas
Perencanaan yang matang
Harapan perusahaan yang nyata
9. Sebutkan dan jelaskan keunggulan kompetitif yang dapat di raih dengan menggunakan model value chin?
Keunggulan Biaya: dengan lebih baik memahami biaya dan menekannya keluar dari aktivitas penambahan nilai.
Differensiasi: dengan berfokus pada aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan kompetensi inti dan kemampuan untuk melakukannya lebih baik daripada pesaing.
10. Jelaskan tentang aktifitas personil pada aktifitas utama vslue chin?
Aktivitas utama berhubungan dengan kegiatan pertambahan nilai atas produk, dan aktivitas pendukung berhubungan dgn dukungan terhadap salah satu atau beberapa aktivitas utama.
0 komentar:
Post a Comment