Selamat Datang Di Nuryanti Hikaru-Akira Kokoroga Ki-zutsuku ✿ ◠‿ ◠ (▼).

Saturday, October 12, 2013

Jawaban UAS IMK

   Sebutkan tipe-tipe kesalahan yang sering terjadi pada saat berinteraksi dengan komputer?
     Jawab :
-          Kesalahan Persepsi
-          Kesalahan Kognitif
-          Kesalahan Motor ( Gerak )

   Bagaimana cara pencegahan terjadinya kesalahan tersebut di atas ?
     Jawab :
-          Menghapus mode-mode atau menyediakan petunjuk yang terlihat untuk mde-mode tersebut.
-          Gunakan teknik koding yang baik ( warna, gaya ).
-          Memaksimalkan pengenalan, mengurangi hafalan.
-          Mengurangi kebutuhan untuk mengetik.
-          Merancang urutan gerak atau atau perintah yang tidak sama.
-          Uji dan memantau kesalahan-kesalahan dan memperbaikinya.
-          Memungkinkan pertimbangan ulang aksi-aksi yang di lakukan oleh user, misalnya memindahkan file dari recycle bin.

   Jelaskan tentang ruang lingkup ergonomi dalam interaksi manusia dan komputer? 
    Jawab :
Merupakan bidang ilmu yang menitikberatkan pada karakteristik fisik mesin dan sistem serta bagaimana hal tersebut mempengaruhi kinerja user. Sehingga muncul istilah Man Machine Interface ( MMI ).

  Apa yang mempengaruhi kinerja manusia sehubungan dengan lingkungan fisik/ergonomik tempat kerja mereka?
   Jawab :
-          Keamanan
-          Efisiensi
-          Ruangan pengguna
-          Ruang kerja
-          Pencahayaan
-          Kegaduan
-          Polusi

   Bagaimana menurut Anda perancangan tata letak menu yang baik?
    Jawab :
-          Mudah di gunakan oleh user
-          Sederhana
-          Menggunakan warna yang menarik

   Apa perbedaan antara antar muka berbasis bahasa pemograman dengan antar muka berbasis bahasa alami?
    Jawab : Eh, belum di jawab hehehehe :)

   Sebutkan keuntungan dan kerugian dari antar muka berbasis bahasa alami?
    Jawab :
Keuntungan :
-          Tidak memerlukan sintaksis
-          Luwes dan power full
-          Alamiah
-          Merupakan inisiatif campuran
Kerugian :
-          Mempunyai dualisme
-          Tidak presis
-          Bertele-tele
-          Perancangan perangkat lunak yang rumit
-          Tidak efisien

   Mengapa evaluasi perlu di lakukan untuk interaksi manusia dan komputer?
    Jawab :
-          Desainer tidak dapat berasumsi bahwa orang lain seperti dirinya, dan mengikuti design guidelines menjamin bahwa karya nya pasti bagus.
-          Evaluasi di butuhkan untuk memeriksa apakah user dapat menggunakan produk tersebut dan menyukainya.
-          Evaluasi kepuasan pengguna terhadap sebuah produk dapat di lakukan menggunakan kuesioner dan interview.

  Bagaimana menurut Anda tentang paradigma evaluasi, dan manakah yang paling baik sebagai bahan evaluasi IMK? 
    Jawab : Menurut Anda :)

   Jelaskan bagaimana agar terciptanya kualitas perancangan antar muka berbasis pengisian borang?
Jawab :
Kualitas antarmuka berbasis pengisian borang tergantung dari 3 aspek :
-          Tampilan pada layar mencerminkan struktur dan masukan yang di perlukan.
-          Kejelasan perancangan dan penyaian secara visual.

-          Derajat kebenaran dan kehandalan penerimaan data masukkan oleh program, lewat berbagai fasilitas masukkan yang ada pada borang.

0 komentar:

Post a Comment

By :
Free Blog Templates